Apakah Anda mencari definisi blogging? Di era digital saat ini, blogging merupakan platform penerbitan online yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan, baik individu maupun kelompok.
Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari seluk beluk blogging, mulai dari apa itu, sejarahnya, jenis-jenis blogging, dan manfaat apa yang bisa didapat seseorang dari blogging. Mari kita lihat di bawah ini!
Apa Itu Blog?
Blog adalah sebuah situs atau jurnal online yang berisi berbagai konten, informasi, opini, atau apapun yang dimuat oleh penulis atau pemilik blog sebagai postingan pada sebuah halaman web.
Pada awalnya, sebagian besar blog adalah milik orang-orang yang gemar menulis dan berbagi cerita.
Namun seiring dengan perkembangan teknologi dan internet, kini penggunaan blog juga dimanfaatkan oleh bisnis dan organisasi untuk menjaring lebih banyak pengunjung.
Selain itu, blog digunakan oleh bisnis, perusahaan, dan organisasi sebagai media promosi dan penyampaian informasi.
Sejarah Blog
Bagaimana awal mula munculnya blog hingga kini menjadi platform yang banyak digunakan? Kalau kamu penasaran, yuk simak sejarah blog yang kami sarikan dari First Site Guide dan HubSpot berikut ini!
Cikal Bakal Blog (1994-1997)
Januari 1994, Justin Hall seorang mahasiswa Swathmore College meluncurkan halaman web pribadi yang bernama Links.net. Situs tersebut kemudian diakui sebagai blog pribadi pertama yang ada di internet. Meski pada awalnya Hall hanya berinisiatif membuat Personal Home Page bagi dirinya, bukan membuat blog.
Situs tersebut berisi postingan-postingan singkat dengan tautan ke situs web lain yang ia sukai dan karyanya sendiri. Ia juga menulis tentang kehidupan pribadinya dengan para pembaca, terutama teman-teman mahasiswanya.
Setelah kemunculannya, banyak orang mengikuti jejak Justin Hall untuk membuat website pribadi. Karena istilah “blog” masih belum ditemukan pada saat itu, situs-situs tersebut dikenal dengan “Online Diary” atau “Personal Page“.
Satu dekade kemudian, Justin Hall dinobatkan sebagai“Founding Father of Personal Bloggers” oleh The New York Times Magazine.
Muncul Istilah Weblog (1997)
Desember 1997, istilah “weblog” pertama kali digunakan oleh Jorn Barger, pendiri situs Robot Wisdom. Weblog merupakan gabungan kata “web” dari kata “website” , dan “log” yang berarti catatan.
Barger mempelopori istilah weblog untuk menggambarkan aktivitasnya di internet. Kurang lebih sama seperti yang dilakukan Justin pada tahun 1994, yang sebagian besar mencatat daftar link situs yang ia kunjungi.
Perkembangan Blog (1998-2002)
Tahun 1998, blog mulai berkembang dengan munculnya platform blogging Open Diary. Open Diary membuat penggunanya dapat mengomentari tulisan satu sama lain.
Istilah Blog Diperkenalkan dan Munculnya 3 Platform Blogging (1999)
Tahun 1999, seorang desainer website bernama Peter Merholz mempopulerkan istilah “blog” yang merupakan cuplikan dari kata weblog. Di tahun ini pula dirilis tiga platform blogging yaitu LiveJournal, Blogger dan Xanga.
Menyusul LiveJournal, Pyra Labs merilis platform Blogger pada Agustus 1999.
Blogger diakuisisi Google dan Lahirnya WordPress (2003)
Sementara itu di tahun yang sama, WordPress resmi diluncurkan dan mendapat sambutan baik oleh komunitas blogger.
WordPress memungkinkan penggunanya dapat membuat blog yang bisa dikustomisasi dengan sepenuhnya. Hingga sekarang, WordPress menjadi Content Management System (CMS) paling populer di dunia.
Kepopuleran Blog (2003-2006)
Hadirnya Blogger dan WordPress membuat blog semakin populer dan banyak diminati. Selain gratis, layanan yang disediakan oleh WordPress dan Blogger termasuk mudah dioperasikan, termasuk bagi orang awam sekalipun.
Semakin populernya blog, di tahun 2003 Google merilis fitur periklanan AdSense dan AdWords yang mengizinkan penggunanya mengintegrasikan blog mereka dengan iklan produk atau layanan yang relevan.
Dalam perkembangannya, banyak orang mulai menulis di blog, termasuk para jurnalis. Salah satu blog yang cukup populer di era awal adalah The Huffington Post (2005). Setelah peluncurannya, jurnalis siber mulai banyak bermunculan dan blog menjadi penghubung antara jurnalis, kolomnis dan blogger.
Blog hingga Sekarang
Saat ini, blog menjadi bagian paling penting dalam menjalankan strategi pemasaran konten bagi bisnis. Blog digunakan untuk menarik audiens yang relevan. Bahkan, studi menunjukkan perusahaan yang menjalankan strategi konten marketing dengan blog mampu menghasilkan 13 kali lipat ROI.
Struktur pada Blog
- HeaderHeader terletak di bagian atas blog. Biasanya berisi judul, menu, dan deskripsi blog.
- Navigation barNavbar biasanya terletak menyatu dengan bagian header atau di atas header. Navigation bar digunakan untuk membantu pengguna menemukan konten dengan mudah dan membuat blog terlihat rapi.
- Content areaTempat konten blog berada, biasanya terletak di tengah area blog.
- SidebarSidebar adalah kolom yang terletak di sisi kanan atau kiri blog. Biasanya berisi profil blogger, archive, popular post, CTA atau tambahan widget seperti kalender, jam, dan sebagainya.
- FooterFooter terletak di bagian bawah blog. Biasanya berisi disclaimer, kebijakan privasi, info kontak, dan sebagainya.
Jenis-jenis Blog
Setelah memahami pengertian dan sejarah blog, kamu juga perlu tahu berbagai jenis blog yang dapat kamu kelola. Berikut beberapa jenis blog yang populer saat ini.
Blog pribadi
Jenis blog ini dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi pemilik blog. Maka itu, jenis blog pribadi biasanya memuat konten bebas dengan berbagai topik, misalnya berbagi cerita, pengalaman, opini, dan lain sebagainya. Blog pribadi disebut juga dengan diary online pemilik blog dalam bentuk digital, yang bisa diakses siapapun secara online.
Blog niche
Masih memiliki kemiripan dengan blog pribadi, jenis blog niche lebih fokus membahas topik-topik tertentu. Misalnya, blog dengan niche kuliner (food blog), fashion blog, travel blog, blog gaya hidup/lifestyle, atau blog tentang kesehatan dan kebugaran.
Blog profesional
Jenis blog profesional berisi konten yang menunjukkan profesionalitas pemilik blog dalam suatu bidang yang digeluti. Contohnya, seorang digital marketer yang memiliki blog berisi konten-konten dengan topik pemasaran digital, SEO, dan sebagainya.
Blog bisnis atau perusahaan
Membuat blog ternyata bukan hanya untuk kepentingan individu saja. Blog juga bisa dimanfaatkan sebagai media pemasaran secara online dengan cara menghasilkan traffic bagi website toko online atau perusahaan.
Berbeda dengan website perusahaan yang bersifat statis, blog bersifat lebih dinamis sehingga dapat menyajikan konten-konten baru secara berkala. Itulah mengapa banyak perusahaan memilih membuat blog untuk melengkapi website perusahaan untuk mendatangkan traffic ke dalamnya.
Manfaat Blog
Mungkin bagi beberapa orang, blogging hanya dilakukan untuk mengisi waktu luang saja. Padahal ada banyak manfaat yang bisa diraih dengan memiliki blog. Yuk simak beberapa keuntungan membuat blog berikut ini!
Media berbagi informasi
Blog bermanfaat sebagai media untuk membagikan informasi. Melalui platform satu ini, kamu bisa menginformasikan mengenai berbagai hal dalam topik yang spesifik atau general. Blog bisa digunakan sebagai media publikasi yang praktis dan mudah bagi siapa saja.
Sarana menyalurkan hobi
Blog bisa dipergunakan untuk berbagi informasi, termasuk tentang hobi dan minat kamu. Jenis blog niche yang membahas topik-topik tertentu bisa kamu manfaatkan sebagai media penyalur hobi.
Misalnya kamu suka kulineran ke berbagai tempat, cobalah untuk membuat food blog seperti jajananaktk.blogspot.com. Jika kamu hobi travelling, bagikan pengalaman liburanmu lewat travel blog.
Hobi lain seperti fotografi, musik, film, desain, atau memasak juga bisa disalurkan dengan blog. Lewat blog, kamu bisa membagikan hal-hal menarik dan bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang.
Menunjukkan profesionalitas
Seseorang bisa menunjukkan sisi profesionalitasnya melalui blog. Contohnya jika kamu seorang marketer, kamu bisa membagikan tips tentang pemasaran dan informasi yang berkaitan dengan digital marketing, SEO, dan lain-lain.
Tunjukkan sisi profesionalisme dengan membagikan konten-konten berbobot dan bermanfaat mengenai topik di bidang yang kamu geluti. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk membangun personal branding.
Menghasilkan uang
Manfaat blog selanjutnya adalah menghasilkan uang tambahan. Kalau blog sudah berkembang dan dikenal banyak orang, kamu bisa berkesempatan untuk memperoleh uang dari blog.
Monetisasi pada blog bisa dilakukan dengan cara mengikuti program afiliasi, menyewakan space untuk iklan, Adsense, sponsorship, dan lain-lain.
Menambah trafik website
Kini manfaat blog tidak hanya dirasakan bagi kalangan individu saja. Banyak perusahaan menggunakan blog sebagai media pemasaran dengan menarik banyak trafik ke website.
Menurut penelitian, dari 53% marketer berpendapat blog adalah prioritas utama mereka dalam menjalankan strategi konten marketing. Selain itu, sebanyak 57% marketer berpendapat mereka mampu menambah pelanggan dengan membagikan konten di blog.
Sudah Lebih Paham tentang Blog?
Blog adalah jenis website yang memuat konten berupa tulisan dalam berbagai topik. Blog bisa memuat berbagai macam konten, seperti artikel, video, foto, atau apapun yang dimuat oleh penulis atau pemilik blog.
Blog merupakan platform di mana seeorang atau beberapa kelompok orang berbagi pandangan mereka tentang berbagai topik.
Siapapun bisa membuat blog. Kalau kamu sendiri, sudah terpikir akan membuat blog seperti apa?
Sumber : dewaweb
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT